Langsung ke konten utama

HUBUNGAN ANTARA TEORI SISTEM DAN FUTUROLOGI




Oleh : Sintia Catur Sutantri (170820160009)
 
A.   TEORI SISTEM 

Konsep sistem telah diambil oleh ilmu sosial dari ilmu pasti, secara khusus dari fisika yang yang berhubungan dengan materi, energi, gerak, dan kekuatan. Semua konsep ini lebih diarahkan pada suatu pengukuran yang pasti dan mengikuti aturan-aturan tertentu. Ada yang mendefinisikan sistem dalam konteks pasti dan dalam persamaan matematis yang menjelaskan hubungan tertentu antara beberapa variabel. Namun konsep ini sangat sedikit diadopsi oleh para ahli dibidang sosial karena variabel-variabelnya sangat kompleks dan sering sangat multidimensional. Sistem merupakan kumpulan dari objek-objek bersama dengan hubungannya, antara objek-objek dan antara atribut mereka yang dihubungkan dengan satu sama lain dalam lingkungannya sehingga membentuk suatu kesatuan yang menyeluruh (Whole).                                
Teori sistem umum pada awalnya diusulkan oleh ahli biologi bernama Ludwig von Bertalanffy pada tahun 1928.  Sebuah sistem dapat dipecah menjadi komponen individu sehingga setiap komponen dapat dianalisis sebagai entitas independen. Komponen dapat ditambahkan secara linear untuk menggambarkan totalitas sistem. Von Bertalanffy menyatakan bahwa kedua asumsi tersebut  salah. Menurutnya, sistem dicirikan oleh interaksi dari komponen dan non-linear dari interaksi tersebut. Pada tahun 1951, Von Bertalanffy memperpanjang sistem teori dengan menyertakan sistem biologis. Tiga tahun kemudian,  sistem tersebut dipopulerkan oleh Lotfi Zadeh, seorang insinyur listrik di Columbia University (McNeill dan Freiberger, p.22)
Teori sistem dipetakan oleh George Ritzer pada paradigma fakta sosial. Maksudnya adalah penggunaan teori ini dikhususkan pada masalah-masalah sosial yang berkaitan dengan nilai-nilai, institusi/pranata-pranata sosial yang mengatur penyelenggaraan eksistensi kehidupan bermasyarakat. Sistem sendiri merupakan suatu kesatuan dari elemen-elemen fungsi yang beragam, saling berhubungan dan membentuk pola yang mapan. Hubungan antara elemen-elemen sosial tersebut adalah hubungan timbal-balik atau hubungan dua arah. Banyak permasalahan sosial, politik, ekonomi, pendidikan, dan lain sebainya yang dapat dikaji dengan menggunakan teori sistem. Adanya fenomena dalam satu aspek akan mempengaruhi aspek-aspek lainnya dalam kehidupan bermasyarakat.
Orang yang paling giat mengembangkan teori sistem adalah Niklas Luhman dan Kenneth Bailey. Keduanya hidup pada abad 20. Sebelum kedua ilmuwan di atas, pemikir lainnya yang membicarakan sistem adalah Walter Buckley (1967) melalui karyanya yang berjudul: Sociology and Modern Systems Theory. (Ritzer & Goodman, 2009:351).
Menurut Buckley, ada beberapa manfaat menggunakan teori sistem, yakni:
1.       Dapat diterapkan pada semua ilmu perilaku dan ilmu sosial
2.       Memiliki beragam level yg dapat diterapkan pada semua skala dari yang terbesar sampai skala terkecil atau yang paling objektif sampai yang paling subjektif.
3.       Membahas beragam hubungan antar aspek sosial, tidak parsial.
4.       Keseluruhan aspek dipandang dalam konteks proses khususnya terkait dengan jaringan informasi dan komunikasi.
5.       Bersifat integratif.    

Buckley memperkenalkan tiga jenis sistem, yaitu:
1) Sistem sosial budaya : saling keterkaitan lebih didasarkan pada pertukaran informasi.
2) Sistem mekanis : saling keterkaitan antar bagian yang didasarkan pada transfer energi
3) Sistem organis : saling keterkaitan antar bagian lebih didasarkan pada pertukaran informasi dari
     pada pertukaran energi.

Studi tentang sistem dapat mengikuti dua pendekatan umum. Sebuah pendekatan cross-sectional berkaitan dengan interaksi antara dua sistem, sementara pendekatan pembangunan penawaran dengan perubahan sistem dari waktu ke waktu. Dalam memahami sistem sosial, dikenal dua pendekatan, yaitu:
1)    Pendekatan sibernetis = Friksi, pertumbuhan, evolusi dan perubahan sosial dapat dipelajari dengan pendekatan sistem sibernetis. Umpan balik merupakan aspek esensial dari pendekatan sibernetis.
2)    Pendekatan Ekuilibrium = keseimbangan fungsi merupakan esensi dasar pendekatan ekuilibrium.

Ada tiga pendekatan umum untuk mengevaluasi subsistem:
1.       Pendekatan holistik, berfungsi untuk menguji sistem sebagai unit yang berfungsi lengkap.
2.       Pendekatan reduksionis, terlihat ke bawah dan memeriksa subsistem dalam sistem.
3.     Pendekatan fungsionalis, terlihat ke atas dari sistem untuk menguji peran yang dimainkannya dalam sistem yang lebih besar.
Ketiga pendekatan mengakui keberadaan subsistem yang beroperasi dalam sistem yang lebih besar.
Teori sistem mengenal dua konsep krusial yaitu:
1.       Entropi adalah kecenderungan sistem berhenti bekerja.
Sistem ini biasanya terdapat pada masyarakat yang tertutup, di mana interaksi terjadi hanya di antara komponen sistem dan tidak dengan lingkungan. Sistem tertutup hanya dapat mempertahankan atau menurunkan organisasi.
2.       Entropi/Negentropi adalah kecenderungan sistem pada struktur yang lebih besar.
Sistem ini biasanya terdapat pada masyarakat yang terbuka, dimana ada salah satu yang menerima masukan dari lingkungan atau output ke lingkungan. Karakteristik dasar sistem terbuka adalah interaksi yang dinamis dari komponen. Sistem terbuka dapat cenderung ke arah tingkat yang lebih tinggi dari organisasi (entropi negatif).

Talcott Parson mengemukakan bahwa sistem mengandaikan adanya kesatuan antara bagian-bagian yang berhubungan satu dengan yang lain untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Untuk mempelajari tindakan sosial, Parson mendefenisikan empat sistem tindakan, sebagai berikut:
1.       Sistem budaya, disebut juga sistem simbolik yang menganalisis "arti", seperti kepercayaan, agama, bahasa dan nilai-nilai dan konsep sosialisasi. Sosialisasi mempunyai kekuatan integratif yang sangat tinggi dalam mempertahankan kontrol sosial dan keutuhan masyarakat.
2.       Sistem sosial, yang memandang masyarakat berada dalam interaksi berdasarkan peran. Sistem sosial selalu terarah pada ekuilibrium.
3.       Sistem kepribadian, kesatuan yang paling kecil dipelajari adalah individu yang menjadi aktor. Fokus kajian disini adalah kebutuhan, motif dan sikap.
4.       Sistem organisme, kesatuan yang mendasar pada sistem ini adalah manusia dalam arti biologis dan lingkungan fisik dimana manusia itu hidup, juga sistem syaraf yang berkaitan dengan kegiatan motorik dan sistem organ manusia.
Teori Parson di atas dikembangkan oleh Luhmann yang dikenal dengan Teori Sistem Umum.
Sistem dapat dikendalikan (cybernetic) atau tidak terkendali. Dalam sistem dikendalikan informasi dirasakan, dan perubahan yang dilakukan dalam menanggapi informasi. Kuhn mengacu ini sebagai detektor, pemilih, dan fungsi efektor dari sistem. Detektor berkaitan dengan komunikasi informasi antara sistem. Pemilih didefinisikan oleh aturan yang menggunakan sistem untuk membuat keputusan, dan efektor adalah sarana transaksi yang  dilakukan antara sistem. Komunikasi dan transaksi adalah satu-satunya interaksi antar sistem. Komunikasi adalah pertukaran informasi, sementara transaksi melibatkan pertukaran materi energi. Semua interaksi organisasi dan sosial melibatkan komunikasi dan transaksi.
Sistem dapat diidentifikasi dengan struktur mereka. Sebuah sistem yang sebenarnya adalah sistem apapun materi dan energi. Sebuah sistem abstrak atau analitik adalah sistem pola yang elemen terdiri dari tanda-tanda atau konsep. Berbeda dengan sistem nyata, yang hanya dapat bertukar informasi, sistem abstrak adalah informasi. Sesuatu yang bukan sistem adalah satu atau lebih elemen yang tidak menunjukkan pola perubahan. Karena perubahan diukur relatif terhadap referensi, sesuatu yang dapat dilihat baik sebagai sistem dan bukan sistem tergantung pada tujuan peneliti.
Teori sistem menyediakan kerangka kerja yang konsisten secara internal untuk mengklasifikasikan dan mengevaluasi dunia. Banyak definisi dan konsep yang berguna dalam teori sistem. Dalam banyak situasi menyediakan metode ilmiah untuk mengevaluasi situasi. Karakteristik bahkan lebih penting, bagaimanapun, adalah bahwa ia menyediakan pendekatan yang universal bagi semua ilmu. Von Bertalanffy (1968, p. 33) menunjukkan, "ada banyak contoh di mana prinsip-prinsip yang sama ditemukan beberapa kali karena pekerja di satu bidang tidak menyadari bahwa struktur teoritis yang diperlukan sudah berkembang dengan baik di beberapa bidang lainnya. Teori sistem umum akan pergi jauh menghindari duplikasi yang tidak perlu seperti tenaga kerja. "
Sementara itu menurut David Easton (1984:395), teori sistem adalah suatu model yang menjelaskan hubungan tertentu antara sub-sub sistem dengan sistem sebagai suatu unit (yang bisa saja berupa suatu masyarakat, serikat buruh, organisasi pemerintah). Easton juga meringkas ciri-cirinya sebagai berikut:
1.       Sistem mempunyai batas yang didalamnya ada saling hubungan fungsional yang terutama dilandasi oleh beberapa bentuk komunikasi.
2.       Sistem terbagi kedalam sub-sub sistem yang satu sama lainnya saling melakukan pertukaran (seperti antara desa dengan pemerintah daerah atau antara pemerintah daerah dengan pemerintah pusat).
3.       Sistem bisa membuat kode, yaitu menerima informasi, mempelajari dan menerjemahkan masukan (input) kedalam beberapa jenis keluaran (output).
Sistem dapat dijelaskan sebagai kerangka teoritis untuk mengumpulkan data mengenai fenomena politik, kesatuan integrasi saling berhubungan berdasarkan serangkaian hipotesa variabel politik, misalnya sistem internasional yang melibatkan pemerintah dunia, dan serangkaian hubungan diantara variabel politik dalam sebuah sistem internasional. Teori sistem merujuk pada serangkaian pernyataan mengenai hubungan diantara variabel dependen dan independen yang diasumsikan berinteraksi satu sama lain. Artinya perubahan dalam satu atau lebih dari satu variabel bersamaan atau disusul dengan perubahan variabel lain atau kombinasi variabel.


B.    FUTUROLOGI

Istilah 'futurologi' pertama kali diperkenalkan oleh Ossip Flechteim dalam bukunya pada tahun 1966History and Futurology”. Ia yakin bahwa bidang baru berkisar pada nasib manusia dan masa depan masyarakat berdasar pada berbagai kegiatan budaya. Keinginan pengikutnya adalah untuk melihat Futurologi sebagai sebuah divisi dari sosiologi yang menyerupai cabang sosiologi dan kadang-kadang disebut' 'sosiologi sejarah'. Dalam bukunya yang dipublikasikan tahun 1945, Teaching the Future ia menyerukan pengembangan program berurusan dengan masa depan. Pada tahun 1969 esai diskusi nya pada Discussion on Future Researchia menjelaskan bahwa "... adalah upaya untuk membahas evolusi manusia dan masyarakat di masa depan.
Pada tahun 1970 ia menerbitkan karya futurology nya: The battle for the future. Di dalamnya ia mengkritik kedua studi di masa depan di Barat dan pendekatan teknokratis dipromosikan di negara-negara sosialis, bukan mempromosikan model "pembebasan masa depan." Konsep Flechtheim untuk futurologi sekitar waktu yang didasarkan pada proses evolusi sosial yang muncul di Timur dan Eropa Barat, memimpin "Jalan Ketiga" di luar sistem kapitalis dan komunis dan akan berarti alternatif demokratis baru untuk masyarakat yang ada.
Pentti Malaska dihormati karena jasanya melakukan studi berjangka di Finlandia. Malaska berpendapat dengan menjelaskan  bahwa pengetahuan masa depan secara epistemologis adalah bagaimana memperoleh pengetahuan dari masa depan dengan teknik yang berbeda untuk keperluan satu dan lainnya, atau disebut juga tujuan pragmati, tetapi terutama ontologis, yaitu apa pengetahuan masa depan mungkin berarti, dalam arti apa itu mungkin (dan tidak mungkin) untuk mengetahui masa depan, dan dalam apa pengetahuan akal berjangka dapat dipertanggungjawabkan sebagai bidang ilmiah yang tepat penyelidikan paralel dengan bidang pengetahuan ilmiah lain (fisika, kimia, biologi, sosiologi, psikologi, antropologi, sejarah, humaniora, dll.
Nama Alfin Toffler menjadi begitu populer ketika pada tahun 1970 ia mengejutkan dunia dengan argumennya yang terkenal itu, “The Future Shock”. Menurutnya, “teknologi mengubah masyarakat dengan sangat cepat hingga suatu ketika seseorang di sebuah masa dan peradaban bisa saja mendapati dirinya sebagai orang yang terasing, lantaran tak mengikuti teknologi yang berkembang itu.” Argumen Toffler itu menandai lahirnya sebuah era disiplin ilmu baru bernama futurologi, sebuah disiplin ilmu meramal masa depan berdasarkan perhitungan multi sudut pandang atas fenomena yang terjadi pada hari ini. Sejak itu anggapan tentang apa yang akan terjadi di masa depan semakin semarak.
Dalam ulasan Fred Guterl pada sebuah edisi Newsweek terbitan tahun 2002, disebutkan bahwa futurologi lahir sebagai anak dari era perang dingin. Saat itu Laboratorium Riset milik militer Amerika Serikat (AS) dengan berbagai ilmuwan dari berbagai disiplin ilmu mulai berkerja dengan tren analisa matematikal untuk menjawab berbagai pertanyaan, semacam: seberapa cepat Soviet akan bisa membangun sebuah kapal selam baru?. Dilanjutkan dengan AU Amerika yang bekerja sama dengan Rand Coorporation. Bersama seorang visionaris bernama Herman Kahn, mereka mulai membangun skenario tentang apa yang mungkin berlaku pada era paskaperang nuklir. Lalu, sebuah yayasan bernama Institut Riset Stanford mulai menggunakan metoda yang sama untuk memprediksi tren-tren kehidupan baru: seperti apa kelak wajah transportasi kita?
Sejak itu, futurologi masuk ke dalam arus besar dunia dan mulai mendapat tempat utama hingga ketika pada tahun 1970, Toffler yang mantan editor Majalah Fortune itu mempublikasikan sebuah best seller berjudul “Future Shock”, sebuah epik tentang visi bagaimana menggaungkan perubahan mutakhir mobilitas kerja, penurunan kota-kota kecil, dan lainnya,telah membuat sebagian besar warga Amerika sempat mengalami stress dan disorientasi. Ribuan orang pun bergabung dengan Komunitas Futuris Dunia.
Tak bisa dipungkiri, sejak ide relativitas Einstein yang sebenarnya sangat kompleks itu menjadi sangat simpel dengan sebuah rumusan E = mc², ilmu fisika menjadi sangat dinamis. Einstein telah memberikan pencerahan bagi perkembangkan internet hingga aneka senjata perang yang dibuat untuk perang dingin. Kebrilianan Einstein telah mengatur gerak abad ke-20. Namun yang terpenting, Einstein telah membuat ciri khas baru tentang cara membentuk masa depan: tidak dengan perang dan revolusi tapi dengan wawasan sains yang dalam. Fred Guterl mengawali tulisannya di Majalah Newsweek dengan kalimat pembuka, “Albert Einstein telah mengubah masa depan tanpa memenangkan sebuah pemilihan umum atau menggerakkan suatu angkatan perang. Segala yang dikerjakannya adalah ide.”
Sejak itu abad 20 menjadi abad yang paling inovatif. Penelitian-penelitian tak lagi mengandalkan seorang jenius sekelas Einstein, melainkan sekumpulan ilmuwan cerdas di bidangnya masing-masing yang bersatu di bawah sebuah bendera penelitian bersama (lihat “Era Penelitian Pasca Einstein”). Belum pernah sebuah abad menjadi begitu fenomenal seperti abad ke-20 dimana manusia menjejakkan kaki di bulan, di abad ini pula berbagai prinsip dasar teknologi mutakhir berevolusi dengan cepatnya. Fakta inilah kemudian yang membuat futurologi berkembang. “Akan ada penemuan apa lagi?” begitu pertanyaan yang menggantung di benak mereka. Setiap penemuan akan berdampak pada kehidupan warga dunia, lalu “seperti apa kehidupan manusia akan berubah?” begitu pertanyaan lanjutan yang lantas mereka rumuskan dalam prediksi-prediksi mereka.
Namun tak sedikit prediksi para futuris yang gagal. Pada tahun 1970, seorang fisikawan Columbia University memprediksi bahwa pada tahun 2000 akan lahir bayi pertama yang dilahirkan di planet buatan. Tak sedikit para futuris yang tampaknya berteori lebih dengan dasar mimpi-mimpi belaka mereka. Sepuluh tahun saja, para futuris itu begitu mendapat tempat. Sesudah itu, anggota forum futuris internasional merosot drastis dari 60 ribu orang menjadi kurang dari setengahnya. Bahkan Departemen Studi Masa Depan (Futurologi) pada Universitas Carolina Selatan telah membubarkan diri. “Lebih baik menggunakan kepekaan yang lebih riil bagi kita untuk membuatnya,” kata Michael Marien, editor pada majalah Future Survey yang diterbitkan forum futuris. “Sejatinya, futurologi tidak pernah berkembang. Lebih baik bagi kita untuk membelanjakan uang kita untuk masa kini,” lanjutnya.
Inovasi terus berlanjut, dalam 10 tahun terakhir ini saja terlihat ada lompatan inovasi dalam sejarah manusia tidak hanya tentang internet tapi juga pada pengkodean gen manusia dan kloning gen yang telah melahirkan domba Dolly. Sangat masuk akal untuk membuat asumsi, seperti yang diungkapkan seorang penulis sains-fiksi, Arthur C. Clarke. “Saya jarang memprediksi masa depan, saya lebih cenderung memprediksi atau memperhitungkan kemungkinan-kemungkinan dari apa yang terjadi pada hari ini,” katanya. Itu artinya, memprediksi masa depan tetap diperlukan tapi tidak dengan metode kaum futuris yang hanya berlandaskan keyakinan semata, bukan berdasarkan perhitungan matematis. Buktinya, dengan perhitungan matematisnya, teknik meramal yang ditelurkan para futuris itu sekarang banyak digunakan secara luas tak hanya oleh pelaku bisnis, tapi juga oleh lembaga-lembaga pemerintah. Banyak perusahaan mulitinasional mempekerjakan para peramal matematis yang bertugas memprediksi apa yang terjadi di masa depan pada 10, 25 atau bahkan 50 tahun kemudian.
Di bidang rekayasa genetika. Berdasarkan atas apa yang telah terjadi hari ini pada banyak laboratorium, sangat mungkin sekali “Sesuatu yang Besar Berikutnya” (The Next Big Thing) akan datang dari bidang rekayasa genetika. Sistem fertilisasi in vitro telah memberi ruang dan kemampuan yang lebih luas bagi para ilmuwan untuk menciptakan sebuah embrio dalam sebuah petri dish. Bahkan suatu ketika sangat mungkin mereka membuat beberapa embrio sekali jalan. Bahkan, dengan teknologi genetika yang semakin berkembang sangat memungkinkan bagi seorang ilmuwan untuk memperbaiki karakter genetika sesuatu makhluk hidup. Yang ini, sekarang ini sudah terjadi walaupun kemajuan di bidang ini membuka peluang pelanggaran kode etik ilmu pengetahuan oleh para ilmuwan nakal, misalnya, debut mereka untuk mulai menciptakan manusia kloning pertama yang sangat mengganggu banyak orang itu.
Yang jelas, tulis Fred Guterl lagi, setiap inovasi dan perubahan akan memiliki dampak yang sangat luas. Bagaimanapun, dengan cara yang lebih baik, futurologi masih diperlukan tapi dengan asumsi-asumsi ilmiah dan perhitungan yang tepat. Namun, apa yang dikatakan Toffler pun tampaknya masih relevan: siapa tak berteknologi, ia akan merasa terasing di dunia yang penuh dengan kemajuan teknologi (by: LQ alias kalipaksi, 2007).
Dapat disimpulkan bahwa futurologi adalah salah satu cabang ilmu yang mempelajari tentang prediksi masa depan dari berbagai sudut pandang, baik menyangkut sosial, politik, ekonomi, juga keyaninan musnahnya suatu bangsa dan negara. Futurologi merupakan sebuah disiplin ilmu meramal masa depan berdasarkan perhitungan multi sudut pandang atas fenomena yang terjadi pada hari ini. Teori futurologi mencakup semua kegiatan di masa mendatang, semua kegiatan ilmiah berurusan dengan masa depan dan bersama-sama dengan penelitian berjangka. Metodologi adalah alat yang sangat kuat untuk memahami bagaimana peradaban kita berkembang. Kita dapat menggunakannya untuk menemukan jalan kita untuk masa depan dari krisis global saat ini.

C.    Hubungan Teori Sistem dan Futurologi

Dalam teori sistem terdapat 2 konsep krusial yaitu sintropi dan entropi. Kita dapat menggunakan konsep sintropi sebagai dasar paradigmatik bagi teori futurologi. Konsep sintropi tersebut biasanya terdapat pada masyarakat yang tertutup, di mana interaksi terjadi hanya di antara komponen sistem dan tidak dengan lingkungan. Para futurolog menciptakan  sudut pandang  konseptual untuk semua kegiatan yang berorientasi masa depan termasuk pandangan ke depan, futurologi, penelitian  berjangka, antisipasi, peramalan, dan lain-lain.
Paradigma dasar futurologi sebagai ilmu masa depan, didasarkan pada saling melengkapinya fenomena  entropi dan sintropi  di sistem kehidupan. Kita dapat memahami masyarakat sebagai sistem hidup berkembang dalam ekonomi dan peradaban. Dalam sistem kehidupan, menurut  matematikawan Italia, Luigi Fantappie, fenomena entropi terhubung dengan masa lalu dan diatur oleh hukum entropi. Kemanusiaan sekarang berada pada tahap sintropi dari evolusi manusia dan pergeseran utamanya  adalah dari evolusi entropi yang bersifat  egois menjadi sintropik yang bisa bekerjasama seperti yang dinyatakan oleh futuris dan visioner Amerika, R. Buckminster Fuller.
Dalam hubungan teori sistem dengan futurologi dapat dipahami bahwa sebuah sistem memiliki batas-batas yang membedakan dari lingkungan dan setiap sistem tersebut merupakan jaringan komunikasi yang membuka aliran informasi untuk proses penyesuaian diri di masa yang akan datang. Dalam sistem yang kompleks dimana parameter atau objek merupakan subsistem, hubungan ini adalah perekat yang menghubungkan berbagai sub-sistem tersebut secara bersama.
Hubungan antara teori sistem dengan futurologi merupakan hubungan yang sinergi dimana semua subsistem yang tidak terikat dioperasikan bersama untuk menghasilkan total output yang lebih besar dibandingkan jika sub-sistem tersebut beroperasi secara sendiri-sendiri untuk mencari solusi yang tepat atas prediksi masalah yang akan terjadi dimasa depan. Pendekatan sistem (sibernetis dan ekuilibrium) sangat bermanfaat untuk menemukan sifat-sifat penting dari sistem yang bersangkutan lalu kemudian memberikan keterangan-keterangan kepada kita mengenai perubahan-perubahan apa perlu dilakukan untuk memperbaiki sistem tersebut.
Dengan demikian, antara teori sistem dengan futurologi mempunyai hubugan yang saling berkaitan. Pandangan ini didasarkan bahwa karena kondisi lingkungan berubah dengan cepat, minimal dalam lima tahun terjadi perubahan yang signifikan. Berdasarkan kondisi inilah maka perhatian terhadap nilai-nilai yang dibutuhkan di masa yang akan datang menjadi penting untuk dicermati.




SUMBER BACAAN:
 George Ritzer dan Douglas Goodman, 2009; Teori Sosiologi Dari Teori Sosiologi Klasik Sampai Perekembangan Mutakhir Teori Sosial Postmodern, Kreasi Wacana, Jogjakarta.
Bernard Raho, 2007; Teori Sosiologi Modern, Prestasi Pustaka Publisher
George Ritzer, 2009; Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda, PT RajaGrafindo Persada.
Walonick David, 1993.General Systems Theory
Ivan Klinec, 2015. Institute of Economic Research Slovak Academy of Sciences, Bratislava, Slovak Republic
Bertalanffy von Ludwig, 1969. General System Theory. Penguin University Books.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

KERUSUHAN SAMPIT (DAYAK VS MADURA) SALAH SATU ANCAMAN “HUMAN SECURITY’

Oleh : Sintia Catur Sutantri (170820160009) A.    Faktor Pemicu Kerusuhan Sampit Kerusuhan yang terjadi di Sampit hanyalah salah satu rangkaian peristiwa kerusuhan yang terjadi antara Suku Dayak dan Madura sejak berdirinya Kalimantan Tengah . Penduduk Madura pertama tiba di Kalimantan tahun 1930 di bawah program transmigrasi yang dicanangkan oleh pemerintah kolonial Belanda dan dilanjutkan oleh pemerintah Indonesia. Tahun 2000, transmigran membentuk 21% populasi Kalimantan Tengah. Suku Dayak merasa tidak puas dengan persaingan yang terus datang dari warga Madura yang semakin agresif. Hukum-hukum baru telah memungkinkan warga Madura memperoleh kontrol terhadap banyak industri komersial di provinsi ini seperti perkayuan, penambangan dan perkebunan. Konflik Sampit adalah pecahnya kerusuhan antar etnis di Indonesia, berawal pada Februari 2001 dan berlangsung sepanjang tahun itu. Konflik ini dimulai di kota Sampit, Kalimantan Tengah dan meluas ke seluruh provinsi, terma

Manfaat Pencak Silat untuk Anak Usia Dini

"Anak saya masih TK, boleh ga ikut latihan bela diri?" "Duh anak saya aman ga ya kalau ikut latihan silat? Takutnya dia jadi suka pukul temannya." "Wah bahaya banget deh anak kecil udah ikut latihan silat?" Pertanyaan diatas adalah contoh kekhawatiran orang tua atau masyarakat pada umumnya tentang keikutsertaan anak usia dini dalam aktivitas beladiri, khususnya pencak silat. Padahal, pencak silat bukan sekedar bela diri. Ulasan manfaat pencak silat secara umum sudah saya sampaikan pada tulisan sebelumnya. Silahkan kunjungi link http://cikizentukangetik.blogspot.co.id/2017/11/manfaat-silat-bukan-sekedar-untuk-bela.html?m=1 . Kali ini tulisan saya khusus mengulas manfaat pencak silat untuk anak usia dini. Saya mulai melatih pencak silat anak usia dini sejak tahun  2008 di  Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri . Tak terasa, ternyata sud ah hampir 10 tahun. Dalam perjalannya saya selalu belajar dari anak-anak dan orang tua mereka. B